Attention: open in a new window. PDFPrintE-mail

There are no translations available.

VISI

Menjadi pusat terkemuka dalam pengembangan dan penerapan ilmu teknik untuk menciptakan teknologi tepat guna bagi pembangunan pertanian tropika berkelanjutan, baik di tingkat on-farm, maupun di tingkat off-farm.

MISI

Mengembangkan teknologi tepat guna untuk menciptakan sistem produksi optimum berbasis ilmu teknik, sesuai dengan kondisi pertanian pedesaan dan berwawasan lingkungan yang bertujuan membantu pembangunan industri pertanian yang berkelanjutan melalui aktifitas penelitian dasar dan terapan.

STRATEGI PENGEMBANGAN

Strategi pengembangan CREATA difokuskan baik pada pengelolaan internal maupun kegiatan eksternal untuk menjaga reputasi CREATA di tingkat nasional maupun internasional.

Untuk meningkatkan kinerja, secara organisasi diusahakan melalui:

  1. Selalu berusaha mencari dan menerapkan sistem pengelolaan yang lebih efisien dan efektif serta menyusun prosedur standar operasi dalam melaksanakan kegiatan
  2. Melakukan aliansi strategis dengan Departemen Teknik Pertanian dan pusat penelitian lain baik di dalam maupun di luar IPB


Kegiatan CREATA yang ditujukan untuk turut berkontribusi dalam pembangunan nasional adalah:

  1. Merumuskan strategi pembangunan pertanian jangka panjang berbasis teknologi
  2. Mengarahkan hasil penelitian dan inovasi teknologi untuk memacu pembangunan daerah, baik secara parsial maupun terintegrasi terutama dengan  memanfaatkan material/komponen local.
  3. Bekerjasama dengan departemen teknis terkait, PEMDA, swasta termasuk LSM, perguruan tinggi serta masyarakat daerah setempat.
  4. Mengupayakan kegiatan kerjasama untuk kurun waktu yang relatif lama (5-10 tahun) agar terciptanya kemandirian daerah untuk mengelola proyek yang dikembangkan.
  5. Mengupayakan ketersediaan dana dari berbagai sumber baik dari dalam dan luar negeri untuk membiayai kegiatan CREATA

Berbagai hasil inovasi dalam bidang teknik pertanian dintegrasikan secara efisien dan harmonis untuk menciptakan kawasan perdesaan yang berfungsi baik untuk tempat produksi barang dan jasa untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari penduduk lokal. Perdesaan juga berfungsi sebagai kawasan pemukiman yang asri dalam rangka menunjang pembangunan pertanian untuk produksi barang dan jasa untuk perdagangan, secara berkelanjutan. 

Untuk mewujudkan cita-cita tersebut, melalui pendekatan holistik, CREATA bekerjasama dengan pusat penelitian di dalam dan luar IPB serta institusi lain seperti departemen teknis terkait, PEMDA, swasta termasuk LSM, serta ditunjang oleh partisipasi masyarakat setempat. Sasaran pembangunan akan dibuat agar mudah diukur dan dievaluasi baik yang bersifat kuantitatif maupun kualitatif.